Bagaimana Membuat Hampap iwak karing (banjar banar) Anti Gagal

  • Share

Hampap iwak karing (banjar banar). Resep Hampap iwak karing (banjar banar). Ini kesukaan sya resep dari mamong syang simpel banget dan endessss. kalo nenek sya biasa di kasih terong ijo kecil sebagai sayur. kalo mamong bikinkn sya ya gini. Hampap iwak karing (banjar banar) Ini kesukaan sya resep dari mamong syang simpel.

Masakan Banjar memiliki citarasa yang khas karena menggunakan rempah yang diracik secara khas pula. Jika kamu pergi ke Banjarmasin, maka ada salah satu rekomendasi makanan yang enak yaitu bernama hampap. Makanan ini memiliki cita rasa yang sangat gurih, asin, dan sedikit pedas.

Anda sedang mencari inspirasi resep hampap iwak karing (banjar banar) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal hampap iwak karing (banjar banar) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Hampap iwak karing (banjar banar). Ini kesukaan sya resep dari mamong syang simpel banget dan endessss. kalo nenek sya biasa di kasih terong ijo kecil sebagai sayur. kalo mamong bikinkn sya ya gini. Hampap iwak karing (banjar banar) Ini kesukaan sya resep dari mamong syang simpel.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari hampap iwak karing (banjar banar), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan hampap iwak karing (banjar banar) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan hampap iwak karing (banjar banar) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Hampap iwak karing (banjar banar) memakai 12 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Hampap iwak karing (banjar banar):

  1. Sediakan Ikan kering talang (sebenarnya ikan gabus atau tauman enderss).
  2. Gunakan 3 telur ayam / bebek.
  3. Ambil 1/2 kelapa santan.
  4. Ambil Bumbu :.
  5. Gunakan Bawang merah.
  6. Sediakan Serei.
  7. Sediakan Jahe.
  8. Ambil Kunyit.
  9. Siapkan Cabe rawit.
  10. Ambil Garam.
  11. Ambil Pitsin.
  12. Siapkan Asam jawa.

Hal ini karena hampap terbuat dari bahan dasar ikan haruan. Selanjutnya ada lauk khas Kalsel tepatnya di kawasan Hulu Sungai bernama Hampap (Iwak Karing Batanak). Bahan dasar masakan ini terdiri dari ikan haruan (gabus) yang telah dijemur setengah kering lalu dimasak dengan bumbu khusus. Beberapa warga Banjar menyebutnya dengan nama Iwak Basamu yang sebelum diolah akan diawetkan terlebih dahulu.

Cara membuat Hampap iwak karing (banjar banar):

  1. Rebus ikan kering dengan air sampai ikannya mamak (bahasa banjar)/ empuk..
  2. Iris bawang merah dan masukan pd rebusan, beri serei yg d geprek dan jahe juga d geprek dan cabe rawit serta kunyit yang dihaluskn.
  3. Masukan telor satu persatu kedalam rebusan jangan sampai hancur yaaa…..
  4. Tunggu telur matang masukan santan kelapa, tambahkan perasan asam jawa beri garam dan pitsin.

Proses ini ada yang membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun lho. Konon, semakin asam atau asin sajian ini maka cita rasanya akan semakin nikmat. Lagi hamil pengen betul makan kue ini. Karna lgi di perantauan jdi bikin sendiri deh, pernah beli disini tp nda sesuai selera rasanya dan juga keras banget. Tumis bumbu sampai harum kemudian masukan pakis, tumis pakis sampai agak layu Iwak karing sapat dimasak dengan cara digoreng.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Hampap iwak karing (banjar banar) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *