Bagaimana Membuat Kothokan Iwak Pe (Ikan Pari) Anti Gagal

  • Share

Kothokan Iwak Pe (Ikan Pari). Created by InShot:https://inshotapp.com/share/youtube.html Resep Kotokan Iwak Pe (ikan pari / panggangan) No MSG. ni menu mknan kesukaan suami. uda seminggu ini suami mnt di masakin menu ini ,tp berhubung di pasar ikanx g prnh ada.mgkn musim hujan jd pelautx g dpt ikan. bs di bilang ini ikan musiman.lha kmrn wkt ke pasar ko lht ada yg jual iwak pe. Kothok Ikan Pe atau Ikan Pari Ikan Pari atau Iwak Pe, emang paling enak dimasak santan. Kalo Jawa Timur namanya Kothok Iwak Pe.

Lihat juga resep Kotokan Iwak Pe (Ikan Pari Asap) enak lainnya. Mangut Iwak Pe. sengaja kuahnya di bikin putih biar sama kayak masakan emak πŸ˜‹πŸ˜‹ Ikan pari asap atau sering kita sebut sebagai iwak pe dapat diolah menjadi berbagai resep sesuai selera. Mangut Iwak Pe (Ikan Pari) by Nia Syifa.

Sedang mencari inspirasi resep kothokan iwak pe (ikan pari) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kothokan iwak pe (ikan pari) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Created by InShot:https://inshotapp.com/share/youtube.html Resep Kotokan Iwak Pe (ikan pari / panggangan) No MSG. ni menu mknan kesukaan suami. uda seminggu ini suami mnt di masakin menu ini ,tp berhubung di pasar ikanx g prnh ada.mgkn musim hujan jd pelautx g dpt ikan. bs di bilang ini ikan musiman.lha kmrn wkt ke pasar ko lht ada yg jual iwak pe. Kothok Ikan Pe atau Ikan Pari Ikan Pari atau Iwak Pe, emang paling enak dimasak santan. Kalo Jawa Timur namanya Kothok Iwak Pe.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kothokan iwak pe (ikan pari), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan kothokan iwak pe (ikan pari) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kothokan iwak pe (ikan pari) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kothokan Iwak Pe (Ikan Pari) memakai 22 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Kothokan Iwak Pe (Ikan Pari):

  1. Sediakan 1 potong ikan pari asap (dipotong jadi 6 bagian).
  2. Sediakan 1 papan tempe ukuran kecil (potong-potong).
  3. Gunakan 3 buah tahu putih (potong-potong).
  4. Gunakan 1 buah santan instan kemasan.
  5. Sediakan 2 lembar daun jeruk.
  6. Gunakan 1 lembar daun salam.
  7. Sediakan 1 batang serai (memarkan).
  8. Sediakan 750 ml air.
  9. Sediakan secukupnya garam.
  10. Ambil secukupnya gula.
  11. Siapkan secukupnya penyedap rasa (opsional).
  12. Sediakan Bumbu halus:.
  13. Sediakan 4 buah cabai keriting.
  14. Gunakan 3 buah cabai rawit (opsional).
  15. Siapkan 4 siung bawang putih.
  16. Ambil 3 siung bawang merah.
  17. Siapkan 2 cm kunyit.
  18. Gunakan 1 cm jahe.
  19. Sediakan 2 cm lengkuas.
  20. Sediakan 1/2 sdt ketumbar bubuk.
  21. Gunakan 1/4 sdt jinten.
  22. Siapkan 1/2 sdt lada.

Kotokan Ikan Pe (iwak pe) sangat terkenal di Jawa Timur. Walau kuahnya terlihat mirip, masakan ini berbeda dengan Mangut khas Jawa Tengah. Uniknya, kotokan ikan pe biasa diberi tambahan lombok hijau dan tempe. Kuahnya segar, gurih, dan pedasnya pas!

Cara menyiapkan Kothokan Iwak Pe (Ikan Pari):

  1. Ulek bumbu halus. Rebus bersama air. Masukkan juga daun salam, daun jeruk, dan serai yang sudah dimemarkan..
  2. Ketika air sudah hampir mendidih, masukkan potongan ikan pari, tahu, dan tempe. Aduk-aduk. Biarkan hingga bumbu meresap..
  3. Bila tahu tempe sudah matang dan air sedikit menyusut, masukkan santan kental kemasan. Aduk-aduk agar tidak pecah..
  4. Bubuhkan gula, garam, dan penyedap rasa. Koreksi rasa. Angkat. Sajikan dengan nasi hangat..

Ada ribuan jenis ikan pari yang terbang di lautan. Ternyata, ikan yang mirip piring terbang ini memiliki daging yang gurih, serupa ayam. Tekstur ikan yang biasa dijuluki Iwak Pe oleh warga Surabaya ini terbilang unik. Warnanya putih pucat, dan berbentuk lembaran-lembaran tipis. Mangut Ikan Pari (Iwak Pe). foto: Instagram/@reenaokta.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kothokan Iwak Pe (Ikan Pari) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *