Resep Mangut Iwak Pe a.k.a Ikan Pari Asap yang Lezat

  • Share

Mangut Iwak Pe a.k.a Ikan Pari Asap. Mau praktek buat homemade bandeng presto. Eeeh ketemu juga sama tukang jual ikan pari asap. Girang bukan kepalang, jadi sekalian buat mangut ikan pari asap deh.

Mantapnya maksimal deh resep mangut ini. Mangut merupakan sajian berkuah santan dengan bahan utama ikan dengan sensasi rasa gurih, sedikit asam dan pedas. Sedangkan iwak pe adalah ikan pari asap yang hasilkan citarasa.

Sedang mencari ide resep mangut iwak pe a.k.a ikan pari asap yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut iwak pe a.k.a ikan pari asap yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut iwak pe a.k.a ikan pari asap, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan mangut iwak pe a.k.a ikan pari asap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Mau praktek buat homemade bandeng presto. Eeeh ketemu juga sama tukang jual ikan pari asap. Girang bukan kepalang, jadi sekalian buat mangut ikan pari asap deh.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan mangut iwak pe a.k.a ikan pari asap sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Mangut Iwak Pe a.k.a Ikan Pari Asap memakai 13 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Mangut Iwak Pe a.k.a Ikan Pari Asap:

  1. Gunakan 6 potong iwak pe, cucu bersih lalu kukus sebentar.
  2. Siapkan 2 ruas jari lengkuas, geprek.
  3. Ambil 2 lembar daun salam.
  4. Ambil 100 ml santan kental (1 bks kara + air matang).
  5. Siapkan 1 papan petai (optional).
  6. Sediakan secukupnya air matang.
  7. Siapkan secukupnya garam, gula, penyedap rasa.
  8. Gunakan secukupnya minyak utk menumis.
  9. Gunakan Bumbu halus :.
  10. Ambil 8 siung bawang merah.
  11. Siapkan 5 siung bawang putih.
  12. Gunakan 4 butir kemiri.
  13. Gunakan 2 ruas jari kunyit.

Mangut Iwak Pe by Fa Mella adalah salah satu resep olahan iwak pe atau ikan pari yang praktis. Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa – Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Di Bondoeoso, Jawa Timur juga ada sajian ikan pari ini.

Cara membuat Mangut Iwak Pe a.k.a Ikan Pari Asap:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum lalu tambahkan daun salam dan lengkuas..
  2. Masukkan ikan pari asap, aduk sampai bumbu tercampur rata. Tambahkan air, masak hingga mendidih dgn api kecil sampai minyak dari ikan pari keluar..
  3. Masukkan santan, petai, kalo pakai cabai bisa dimasukkan juga. Aduk pelan, tambahkan garam, gula, penyedap rasa. Koreksi rasa, jika sudah pas matikan api..
  4. Siap sajikan dengan tambahan sambal rawit dan kerupuk ๐Ÿ˜‹.

Lihat juga resep Mangut ikan Pe enak lainnya. Ikan asap apapun jenisnya pasti cocok dengan bumbu kuliner pesisiran utara jawa tengah ini. Ikan pari asap biasa dimasak dengan santan berbumbu. Masakan mangut ini adalah masakan berkuah santan yang terkenal pedas, dengan bahan utama ikan pari asap atau iwak pe asap atau ikan manyung asap dan kepalanya ini. Selain ikan asap, dalam hidangan mangut ini bisa juga di lengkapi dengan tempe atau tahu.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Mangut Iwak Pe a.k.a Ikan Pari Asap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *