Resep Cara termudah Lezat Urap Sayur (Versi Tumis)

  • Share

Urap Sayur (Versi Tumis). Baik urap versi jawa ataupun Sunda, kedunya menggunakan bahan dan cara pengolahan yang serupa. Urap sama sekali tidak mengandung daging, sebab Karena dari sayur-sayuran inilah urap sering disebut sebagai "salad Jawa". Sayur-sayuran tersebut sangat cocok bagi Anda yang sedang.

Jadi kali ini ditumis aja biar lebih tahan. Urap terdiri dari sayuran yang direbus, lalu dicampur kelapa parut yang dibumbui pedas. Sayuran yang biasa digunakan sebagai bahan urap adalah bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya, kacang panjang, taoge, atau kubis. You can cook Urap Sayur (Versi Tumis) using 13 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Urap Sayur (Versi Tumis)

  1. You need 1/2 buah of kelapa, kupas, parut.
  2. Prepare 2 lembar of daun jeruk.
  3. It’s 1/2 sdm of asam jawa, beri sedikit air panas.
  4. You need Secukupnya of sayuran (wortel, kacang panjang, toge, dll).
  5. It’s Secukupnya of garam dan gula pasir / gula merah.
  6. Prepare of Bumbu Halus :.
  7. Prepare 6 siung of bawang merah.
  8. Prepare 3 siung of bawang putih.
  9. Prepare 1 ruas of kencur.
  10. It’s 3 butir of kemiri, sangrai.
  11. You need 1/2 sdt of terasi, bakar.
  12. Prepare 4 buah of cabe merah keriting.
  13. Prepare 2 buah of cabe merah rawit.

Cara membuat urap pun terbilang mudah. Ciri khas urap yaitu menggunakan kencur dalam campuran bumbunya, sehingga menimbulkan aroma dan rasa kencur yang kuat. Sayuran yang biasa digunakan seperti kacang panjang, kecipir, tauge, daun singkong, kol, dan masih banyak lagi. Tentunya bisa disesuaikan dengan selera anda.

Urap Sayur (Versi Tumis) step by step

  1. Rebus sayuran sebentar saja, tiriskan. Langsung rendam air dingin. Tiriskan lagi. Agar tetap segar dan proses pematangan tidak lanjut.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga setengah matang dan wangi. Masukan air asam jawa, daun jeruk, gula merah dan garam. Tunggu hingga gula larut..
  3. Masukan kelapa dan masak hingga kadar airnya berkurang (saya menggunakan api kecil dan terus diaduk). Tes rasa. Angkat..
  4. Cara penyajian : tata rebusan sayur di piring, campurkan dengan kelapa bumbu. Aduk rata. Sajikan..

Blog Diah Didi berisi resep masakan praktis yang mudah dipraktekkan di rumah. Urap merupakan makanan tradisional yang terdiri dari sayur-sayuran yang kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa yang sudah diberi bumbu sebelumnya. Karena dicampur dengan kelapa, membuat urap menjadi gurih rasanya. Cara membuatnya pun tak susah karena dapat dibuat. Urap adalah hidangan salad khas Jawa berupa sayuran yang dimasak lalu dicampur kelapa parut yang dibumbui.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *