Langkah Mudah untuk Membuat Ayam Bakar Bekakak Madu yang Bikin Ngiler

  • Share

Ayam Bakar Bekakak Madu. Resep saya contek dari akun yt sobat dapur. Masukkan juga sos tiram & kicap. Letak ayam atas daun pisang dan tutup daun pisang atasnya.

Kalau dah cuba resepi ayam bakar madu saya ni, confirm tak cari resepi lain. Ben nak bagi resepi ayam bakar madu Western. Tu yang ada kesan bakar pertama.

Lagi mencari inspirasi resep ayam bakar bekakak madu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bakar bekakak madu yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep saya contek dari akun yt sobat dapur. Masukkan juga sos tiram & kicap. Letak ayam atas daun pisang dan tutup daun pisang atasnya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bakar bekakak madu, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam bakar bekakak madu enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam bakar bekakak madu yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam Bakar Bekakak Madu memakai 22 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Ayam Bakar Bekakak Madu:

  1. Ambil Ayam utuh 1 ekor tanpa kepala.
  2. Siapkan 1/2 sdm Garam.
  3. Gunakan 1 sdm Kaldu ayam bubuk.
  4. Siapkan 15 siung Bawang merah.
  5. Gunakan 8 siung Bawang putih.
  6. Ambil 8 buah Kemiri.
  7. Sediakan 5 buah Cabai merah.
  8. Gunakan 2 ruas jari Kunyit.
  9. Ambil 1 ruas jari Jahe.
  10. Ambil 1 ruas jari Lengkuas.
  11. Siapkan 6 lembar Daun salam.
  12. Sediakan 5 lembar Daun jeruk.
  13. Sediakan 4 batang Serai.
  14. Siapkan 1/2 sdt Ketumbar.
  15. Siapkan 1/4 sdt Lada.
  16. Siapkan 500 ml Air kelapa.
  17. Siapkan Bumbu olesan :.
  18. Sediakan 2 sdm Minyak goreng.
  19. Siapkan 1 sdm Margarine.
  20. Ambil 2 sdm Madu.
  21. Siapkan 2 sdm Kecap manis.
  22. Siapkan 2 sdm Bumbu ungkep ayam (bumbu sisa ungkepan ayam sebelumnya).

Lihat juga resep Ayam bakar madu teflon praktis enak lainnya. Kenikmatan ayam bakar madu memang dapat memanjakan lidah karena rasanya yang luar biasa. Salah satu dari sekian banyak olahan ayam ini sangat spesial, karena olesan madu akan membuat ayam bertekstur empuk dan lebih meresap hingga ke bagian dalam daging ayamnya. Masukkan dalam bekas besar semua bahan perapan di atas dan kacau rata.

Langkah-langkah membuat Ayam Bakar Bekakak Madu:

  1. Pertama, kita goreng dulu bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, lengkuas, kunyit, cabai merah (semuanya dalam kondisi utuh ya ga perlu diiris dulu). Goreng hingga semua layu. Minyak untuk menggorengnya gak perlu banyak-banyak. Sekitar 4-5 sdm..
  2. Setelah layu, semua bahan kita angkat. Lalu kita haluskan bersama dengan bumbu bubuk seperti lada, kaldu, ketumbar dan garam. Kalau saya menghaluskannya pakai blender saja..
  3. Setelah bumbu dihaluskan. Kita tumis bersama dengan serai, daun salam dan daun jeruk. Setelah wangi barulah kita masukkan air kelapa. Kita masak hingga mendidih..
  4. Setelah mendidih, baru masukkan ayamnya. Tapi sebelumnya bagian kedua sayap dan kedua paha ayam, agak kita tarik ke arah luar atau di patahkan sedikit supaya bentuknya lebih lebar dan gepeng..
  5. Kita ungkep ayam dengan api kecil. Kita tutup juga wadahnya supaya panasnya merata. Jangan lupa setiap beberapa menit ayamnya di balik ya..
  6. Setelah ayam matang dan air telah menyusut, barulah kita bakar. Saya membakarnya di teflon saja..
  7. Sebelum kita masukkan margarine dan minyak goreng ke pan. Setelah itu masukkan ayamnya. Olesi masing-masing sisinya nanti dengan kecap dan bumbu ungkep..
  8. Setelah masing-masing sisi dipanggang dan sudah berwarna kecoklatan, barulah kita olesi dengan margarine dan madu. Lalu kita angkat..
  9. Ayam pun siap dinikmati dengan sambal terasi atau pun sambal favorit masing-masing. Selamat mencoba..

Ayam bakar madu ni warna merah sebab. Lumur pada ayam yang telah dibersihkan. Ayam madu ini manis asin gurih, maknyuss bangeeet, bikin ngabisin nasi.๐Ÿ˜ Ayamnya aja udah enak, apalagi ditambah lalapan dan sambel ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Btw, setelah ayam diungkep, ayam bisa dibakar/digoreng, sesuai selera aja yaa. Lihat juga resep Ayam bekakak bakar enak lainnya. Apalagi, aroma ayam bakar madu memiliki aroma yang khas dan lebih kuat dibandingkan ayam bakar lainnya sehingga menggugah selera makan yang ingin memakannya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat ayam bakar bekakak madu yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *