Menggunakan Canva Pendidikan sebagai Media Pembelajaran Kreatif

Diposting pada 92 views

Sebagaimana diketahui saat ini, anak-anak usia milenial lebih dekat dengan aplikasi-aplikasi teknologi dan menggunakannya sebagai alat kehidupannya sehari-hari. Salah satunya adalah aplikasi Canva. Untuk membantu pendidikan sekolah, Canva membuat program Canva untuk Pendidikan yang memberikan akses semua template Canva secara gratis untuk guru dan siswa kelas 1 hingga kelas 12.

Untuk bisa mendapatkan akses Canva Pendidikan ini, terlebih dahulu guru harus mendaftarkan diri untuk mendapatkan program Canva Pendidikan. Setelah akun guru dapat digunakan, guru bisa menambah siswa sebagai timnya dalam akun Canva, sehingga siswa pun dapat menggunakan Canva Pendidikan. Pendaftaran dapat diakses di halaman media pembelajaran

Loading...

Beberapa hal yang bisa dikerjakan dengan menggunakan Canva Pendidikan adalah :

  1. Presentasi

Mungkin presentasi adalah desain yang paling umum dan banyak aplikasi presentasi. Dalam Canva, juga disediakan desain template presentasi, termasuk layout-layoutnya, sehingga memudahkan pengguna.

Guru maupun siswa, banyak sekali yang membutuhkan presentasi untuk media pembelajaran di kelas maupun untuk mengerjakan tugas oleh siswa. Dengan template presentasi Canva, membuat presentasi lebih mudah dan bisa dijalankan di Canva presentasinya atau didownload dalam bentuk gambar maupun pdf.

  • Infografis

Infografis dapat dipakai guru maupun siswa. Untuk guru, infografis dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk menjelaskan materi pelajaran dengan lebih mudah. Penjelasan materi bisa dibuat sebagai timeline dengan ilustrasi sederhana. Misalnya dalam pelajaran sejarah, dapat dibuat infografis kerajaan-kerajaan di nusantara atau perang kemerdekaan di Indonesia.

Siswa dapat membuat tugas dengan menggunakan infografis. Dengan membuat infografis, siswa dituntut untuk sangat memahami materi yang dibuat infografisnya. Misalnya project sains siswa mengamati pola kehidupan katak, laporan project bisa dipresentasikan dalam bentuk infografis. Dengan presentasi dalam bentuk infografis, siswa juga lebih mudah menjelaskan di dalam kelas tentang projectnya.

  • Poster

Di Canva tersedia banyak template poster untuk pendidikan. Selain itu, template-template tersebut dapat diubah sesuai kebutuhan. Misalnya saat siswa mendapat tugas proyek pengenalan penghijauan di sekolah, siswa dapat membuat poster untuk kampanye proyeknya.

Selain itu, poster juga dipakai sebagai sarana promosi kegiatan siswa untuk masyarakat sekitar. Dengan adanya template yang mudah dimodifikasi, siswa maupun guru dapat membuat poster dengan mudah tanpa perlu belajar software desain yang sulit.

  • Kartu Flash

Kartu Flash banyak digunakan untuk siswa belajar di usia-usia awal sekolah untuk belajar membaca atau berhitung. Selain itu kartu flash juga biasa digunakan untuk di awal-awal belajar bahasa asing khususnya untuk menghafal vocabulary.

Penggunaan kartu flash sebenarnya bisa digunakan di banyak mata pelajaran, bukan hanya khusus untuk menghafal huruf atau vocabulary. Misalnya digunakan di pelajaran matematika dalam materi geometri, bisa digunakan untuk menghafal nama bidang atau bentuk sekaligus menghafalkan rumus menghitung keliling, luas dan volume bidang.

  • Diagram

Diagram banyak digunakan di berbagai macam mata pelajaran. Canva juga menyediakan diagram dan kolom untuk isian datanya dengan mudah. Diagram di Canva ini bisa digunakan untuk siswa saat belajar matematika yang menggunakan diagram karena penggunaannya sangat mudah

Selain itu diagram di Canva juga bisa digunakan di pelajaran sains dan sosial karena di Canva terdapat template diagram siklus maupun diagram fishbone.

Aneka template diagram di Canva diantaranya : diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran, diagram siklus, diagram fishbone, diagram T, diagram venn, diagram alir, bagan donat dan masih banyak lagi.

  • Untuk Guru

Selain desain-desain yang dapat digunakan oleh siswa, di Canva juga terdapat desain khusus yang bisa dipakai untuk para guru di sekolah. Di antaranya adalah :

  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Setiap guru pasti membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk setiap materi yang diajarkan ke siswa. Canva memfasilitasi para guru dengan banyak desain RPP yang tinggal diganti isiannya.

  • Raport Online

Di setiap sekolah selalu mempunyai format raportnya sendiri-sendiri. Terkadang raport sekolah adalah format dari dinas pendidikan.

Canva menyediakan template raport online yang dapat dipakai guru untuk laporan siswanya tiap bulan sehingga perkembangan siswa termonitor tiap bulan. Laporan raport online tersebut dapat dibagikan ke wali murid.

Incoming search terms:

  • Download RKT dan RKJM SD 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.