soal pat

Contoh Soal PAT / UAS Semester 2 Kelas 4 Kurikulum 2013 SD/MI

Diposting pada 111 views

Contoh Soal PAT / UAS Semester 2 Kelas 4 Kurikulum 2013 SD/MI – Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 (K13) atau Ujian Akhir Semester 2 bagi siswa kelas 4 SD dan sederajat akan digelar. Jika sesuai dengan kalender pendidikan, pelaksanaan UAS semester 2 atau PAT pada bulan Mei. Untuk itu, diharapkan para peserta didik dapat belajar dengan baik agar dapat menjawab semua dengan benar dan memperoleh hasil yang baik.

Jadwal pelaksanaan UAS semester 2 dibuat oleh Dinas Pendidikan. Pada Kurikulum 2013 setiap tema kelas 4 SD terdiri 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap akhir dari setiap subtema dilaksanakan Penilian Harian atau Ulangan Harian (UH). Untuk tengah semester dilaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS). Ujian tulis untuk menilai kompetensi pengetahuan (KI-3) yang telah dipelajari.

Loading...

Pemetaan KD Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013

Setiap tema pada Kurikulum 2013 kelas 4 terdiri dari beberapa Kompetensi Dasar (KD) muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

Contoh Soal PAT / UAS Semester 2 Kelas 4 Kurikulum 2013

Untuk mata pelajaran PJOK dan mata pelajaran Matematika sudah terpisah dari Tematik. KD K13 terdiri dari KI-1 (sikap spiritual), KD K-13 dari KI-2 (sikap sosial), KD K13 dari KI-3 (Aspek Pengetahuan) dan KD K13 dari KI-4 (Aspek Keterampilan).


Preview Contoh Soal PAT / UAS Semester 2 Kelas 4 Kurikulum 2013


Daftar Tema dan Subtema Kelas 4 Semester 2 K13

Tema 6 – Cita Citaku
Subtema 1 : Aku dan Cita-Citaku
Subtema 2 : Hebatnya Cita-Citaku
Subtema 3 : Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Tema 7 – Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema 1 : Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Subtema 2 : Indahnya Keragaman Budaya Negeriku
Subtema 3 : Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku

Tema 8 – Daerah Tempat Tinggalku
Subtema 1 : Lingkungan Tempat Tinggalku
Subtema 2 : Keunikan Daerah Tempat Tinggalku
Subtema 3 : Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku

Tema 9 – Kayanya Negeriku
Subtema 1 : Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
Subtema 2 : Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia
Subtema 3 : Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Materi pokok Matematika Kelas 4 Semester 2 K13

  • Pembulatan Bilangan
  • Segi Banyak
  • Keliling dan Luas Daerah
  • Hubungan Antar Garis
  • Data dan Pengukuran
  • Pengukuran Sudut dengan Busur Derajat

Materi Pokok PJOK Kelas 4 Semester 2 K13

1. Aktivitas Senam Lantai
2. Aktivitas Gerak Berirama
3. Renang Gaya Bebas
4. Cidera dan Penanggulangannya
5. Perilaku Terpuji

Pemetaan KD kelas 4 semester 2 sesuai Kurikulum 2013 perlu dilakukan karena dapat mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal. Soal PAT atau UAS semester 2 kelas 4 disusun berdasarkan kisi-kisi yang telah dibuat.

DOWNLOAD SOAL PAT / UAS KELAS 4 SEMESTER 2

Untuk bahan persiapan menghadapi UAS atau PAT, khususnya kelas 4 yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan berikut ini. Selengkapnya soal UAS atau soal penilaian akhir tahun kelas 4 SD sesuai Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru yang belum disertai kunci jawabannya dapat didownload melalui link berikut:

 

Soal UAS semester genap atau PAT kelas 4 Kurikulum 2013 semester 2 (K-13) terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi UTS atau PTS dan UAS atau PAT , khususnya kelas 4 SD yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas.

Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka yaitu bilangan bulat skala 0-100, predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik yang mengacu pada setiap KD. Nilai penilaian akhir semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD.