Cover Aplikasi BOS Reguler

Aplikasi Terbaru Super Excel Laporan BOS Reguler 2020

Diposting pada

Aplikasi Terbaru Super Excel Laporan BOS Reguler 2020  – selamat malam menjelang makan sahur karena saat ini dalam suasan ramadahan sebelumnya admin atirta13.com mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan mohon maaf lahir bathin, untuk kali ini saya selaku admin akan membahas salah satu aplikasi terbaru dan terbaik di tahun 2020 yang diliris dalam masa pandemi dengan adanya virus covid-19 yaitu salah satu aplikasi pelaporan BOS reguler tahun 2020 yang mana aplikasi ini merupakan karya bapak Haryono S.pd yang menjabat kepala sekolah SDN 3 Asemrundung juga admin salah satu blog mayfile.online dan sdn3asemrundung.blogspot.com yang berssal dari grobogan/purwodadi.

Aplikasi Terbaru Super Excel Laporan BOS Reguler 2020

Dan, baiklah mari kita lanjutkan pembahasan tentang materi ini yaitu Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 2020 Excel dan perlu diketahui bahwa aplikasi ini sengaja kami kembangkan sendiri secara sederhana, mengingat situasi dan kondisi kemampuan kami pribadi tentang pengoperasian aplikasi excel, namun insya alloh dalam hal ini akan sedikit membantu bapak/ibu dalam menyusun laporan pertanggungjawaban dana BOS yang dilaporkan setiap bulan.

Cover Aplikasi BOS RegulerDaftar menu dan cara Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel pengerjaannya:

1. Home

2. Sheet Data isian yang wajib diisi, karena data isian di sini akan muncul secara otomatis pada masing-masing pelaporan

3. Sheet Cover Laporan

Pada sheet cover laporan ini apabila tidak terpaksa jangan diubah, namun apabila masih membutuhkan perubahan silahkan diubah sendiri. (cukup jelas)

4. Sheet Buku Kas Umum (BKU) Lihat gambar berikut

  • Pada menu ini yang perlu dipahami adalah kode BT (Buku Tunai), BB (Buku Bank), BP (Buku Pajak) kode tersebut nantinya akan memasukkan pembukuan ke masing-masing kode, sehingga perlu diperhatikan secara seksama.
  • Yang harus wajib diisi lagi adalah misalnya kode 5.1.7 dst; kode tersebut diambil dari sheet K7 (ingat cukup copas kodenya) sesuai pembelanjaan kode tersebut nantinya akan secara otomatis masuk pada sheet K7a yang dipergunakan pada pelaporan BOS online.
  • Kode misalnya 5.2.2.01.01 cara mendapatkan kode tersebut berasal dari sheet 144 belanja (yang dulu 44 belanja), dan perlu diingat nantinya pada sheet 144 belanja otomatis akan terisi.

5. Menu Sheet Buku Kas Tunai (BT)
Ingat ! untuk Buku Kas Tunai ini cukup hanya dikontrol apabila terjadi selisih dengan BKU, dan apabila terdapat selisih dapat disesuaikan,

Mengapa terjadi selisih?

Dalam hal pengisian Buku Kas Umum terutama pada saldo itu terdiri dari; Kas Tunai. Bank, Pajak.

6. Buku Bank (BB)
Pada pengisian buku bank ini dapat diisi secara manual ataupun langsung mengambil pada Sheet Buku Kas Umum (BKU) dengan rumus ( = ring (…) mudah bukan ?

7. Buku Pajak (BP)
Dalam buku pajak ini sebenarnya dapat dibuat rumus, namun karena mungkin pengguna tidak sama kemampuan untuk mengoperasikan IT (maaf), sehingga tetap cukup gunakan rumus (= ambil dari BKU).

8. Sheet K7

  • Ingat bahwa dalam menyusun laporan pertanggungjawaban dana BOS juga kita mempunyai tanggungjawab kepada menteri dalam negeri, sehingga pada sheet K7 ini merupakan pelaporan format yang dibutuhkan Mendagri.
  • Untuk sheet K7 tidak usah dikerjakan, karena secara otomatis sudah terisi dari Buku Kas Tunai (BT) karena kita cukup mengambil kodenya tadi.
  • 9, Sheet K7a
    Pada format K7a secara otmatis sudah terisi dari sheet K7, namun perlu juga dikontrol tingkat kebenarannya, karena saya juga manusia masih punya kesalahan. (intinya cukup dikontrol saja) dan apabila menghendaki perubahan, maka kode pada Buku Kas Tunai (BT) yang diubah dan juga mengambil dari sheet K7 tadi.
  • Waspada karena pada format K7a ini nantinya akan dilaporkan secara online pada laman https://bos.kemdikbud.go.id/

10. Format K7b
Pada format K7b ini cukup mengisi …. lembar uang kertas maupun logam sesuai dengan jumlah saldonya, dan apabila terdapat selisih di bawah nilai 100 sudah berbunyi sendri kalimatnya (lihat berikut)

11. Format K7c
Pada format pengisian K7c ini bapak/ibu tidak usah mengisi, karena sudah terisi secara otomatis, namun apabila menginginkan perubahan silahkan diubah sendiri (Lihat gambar)

12. Format 144 Belanja BOS

  • Format ini kalau pada pelaporan tahun 2019 adalah cukup 44 belanja, dan pelaporan ini merupakan kebijakan dari pemerintah daerah.
  • Format 144 belanja dana BOS pada aplikasi yang kami buat ini tidak usah diisi, karena sudah terisi dari Buku Kas Tunai (BT), oleh sebab itu kata kunci adalah kode K7, dan kode pada sheet 144 belanja

13. Format 3 Belanja BOS

Yang dimaksud dengan format ini adalah:

  • Belanja Pegawai
  • Belanja Barang dan Jasa
  • Belanja Modal

Dan secara kebetulan format ini sudah terisi secara otmatis dari sheet 144 belanja.

14. Berita Acara Pemeriksaan pelaporan (cukup jelas)

15. Cetak kuitansi khusus Honor woyata bakti (cukup jelas)

16. Rekap data kuitansi pelaporan yang bersumber dari Buku Kas Tunai (BT), dan hanya nama transaksi yang perlu diisin

17. Cetak Kwitansi

Terakhir adalah sheet untuk mencetak kuitansi pelaporan BOS.

Perlu diingat bahwa dalam mencetak kwitansi ini buku kwitansi yang digunakan adalah buku kuitansi merk gelatik kembar (lihat gambar)

Sekian dulu pembahasan ringkas dan sangat jelas tentang Aplikasi Terbaru Super Excel Laporan BOS Reguler 2020  yang dapat admin sampaikan semoag dengan adanya Aplikasi BOs 2020 diatas dapat membantu bapak/ibu semuanya dalam membuat dan menyusun laporan BOS sekolahnya masing-masing.

 

Sumber :

Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel

Catatan Penting :” keistemaan aplikasi itu terbilangnya bukan pakai add-in tapi sudah saya kasih scrib terbilang, sehingga pindah laptop tetep bisa

Jiga ada berminat atau yang ingin memiliki Aplikasi BOS Reguler 202o silahkan Hubungi Admin di bawah ini :

 

WA = 0812 1495 4335 / 0812 6666 6501

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.