Guru Profesional Sebagai Conditio Sine Qua Non Peningkatan Mutu Pendidikan

Guru Profesional Sebagai Conditio Sine Qua Non Peningkatan Mutu Pendidikan

Para Guru di harapkan akan memiliki jiwa profesinalisme , yaitu sikap mental yang yang senatiasa mendororng dirinya untuk mewujudkan dirinya sebagai petugas profesional .Pada dasarnya profesionallisme itu , Merupakan motivasi instrik pada diri Guru sebagai pendorong untuk mengembangkan dirinya ke arah perwujudan profwsional . Kualitas profesionalisme didukung oleh lima kompetensi berikut :

Guru Profesional Sebagai Conditio Sine Qua Non Peningkatan Mutu Pendidikan

1. Keinginan untuk selalu menampilakn perilkau yang mendekati stanadar ideal .
Berdasarkan krtireia ini , jelas bahwa Guru yang memiliki stnadar ideal .yang dimaksud dengan 'Standar Ideal " ialah suatu perangkat perilaku yang dipandang paling sempurna dan dijadikan sebagai rujukan .

2. Meningkatkan dan memelihara citra profesi 
Profesionalisem yang tinggi ditujukan oleh besarnya keinginan untuk selalu meningkatkan dan memelihara citra profesi melalui perwujudan perilaku profesional .Citra profesi adalah suatu gambaran terhadap profesi guru berdasarkan penilaian terhadap kinerjanya.

3. keinginan untuk senatiasa mengejar kesempatan pengembangan profesinaal yang dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengetahuan dan keterampilannya.
Berdasarkan kriteria ini para guru diharapkan selalu berusaha mencari dan memanfaatkan kesempatan yang dapat mengembangkan profeinya .Berbagi kesempatan yang dapat dimanfaatkan antara lain :

  • mengikuti penataran atau pendidikan lanjutan 
  • melakukan penelitian dan pengabdian dana masyarakat 
  • menelaah kepustakaan ,membat karya ilmuah 
  • memasuki organisasi profesi ( Misalnya PGRI )
4. Mengejar kualitas dan cita-cita dalam profesi 
hal ini mengandung arti bahwa profesinalisme yang tinggi ditunjukan dengan adanya upaya untuk selalu mencapai kualitas dan cita-cita sesuai dengan prgram yang telah di tettapkan , Guru yang memiliki profesinalisme yang tinggi akan selalu aktif agar seluruh kegiatan dan perilakunya menghasilkan kualitas yang ideal.

5. Memiliki kebanggaan terhadap profesinya
Profesionalisme ditandai kualitas derajat rasa bangga akan profesi yang dipegangnya , dalam kaitan ini diharapkan agar para guru memiliki rasa bangga dan percaya diri akan profesinya .

Dalam undang-undang guru pasal 5 ayat (1 ) dikatakan bahwa profesi guru dan dosen merupakan bidang pekerjaan khusus yang memerlukan prinsip-prinsip profesionalisme sebagai berikut :
  • Memiliki bakat,minat ,panggilan jiwa dan idealisme 
  • Memiliki Kualifikasi pendidikan dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya 
  • Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya
  • Mematuhi kode etik profesi 
  • memiliki hak dan kewajiban dalam melaksanakan tugas
  • Memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerjanya
  • Memiliki kesempatan untuk mengembangkan profesinya secara berkelanjutan 
  • Meperoleh perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas profesinalnya
  • Memiliki organisasi profesi yang berbadan hukum
Intinya adalah kebanggan seorang guru , terima kasih..






Demikianlah Artikel Guru Profesional Sebagai Conditio Sine Qua Non Peningkatan Mutu Pendidikan

Sekian artikel yang dapat Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kebutuhan Administrasi Guru Profesional Sebagai Conditio Sine Qua Non Peningkatan Mutu Pendidikan kali ini, mudah-mudahan dengan adanya file diatas bisa memberi manfaat untuk anda semua , terima kasih atas kunjungannya baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Guru Profesional Sebagai Conditio Sine Qua Non Peningkatan Mutu Pendidikan dengan alamat link https://www.atirta13.com/2015/10/guru-profesional-sebagai-conditio-sine.html
Advertisement

Baca juga:

Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

No SPAM, Please...! You waste your time if write comments with link. Dead or Alive.