APLIKASI PENGISIAN RAPORT KELAS I,II,IV DAN V KURIKULUM 2013

APLIKASI PENGISIAN RAPORT KELAS I,II,IV DAN V KURIKULUM 2013

APLIKASI PENGISIAN RAPORT KELAS I,II,IV DAN V KURIKULUM 2013 - Pengolahan nilai pada Kurikulum 2013 tentu saja berbeda dengan Kurikulum KTSP. Sesuai dengan Surat Edaran dari Kemendikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 3683/D2/TU/2016 Tanggal : 15 Desember 2016, maka pengolahan nilai bagi sekolah yang memberlakukan kurikulum 2013 menggunakan panduan penilaian edisi Revisi 2016.

Buku panduan Revisi menggantikan Panduan Penilaian yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada Desember 2015.

Aplikasi nilai dan cetak raport dan penilaian kurikulum 2013 revisi tahun 2017 untuk sekolah dasar atau SD kelas 1, 2 4 dan 5 edisi baru yang kami bagikan untuk rekan guru sekolah pelaksana kurikulum 2013 yang sudah mengalami revisi yang ke empat

Cara menggunakan aplikasi raport ini

Klik tab Setting - (Setting Macro), pastikan sudah diatur menjadi “Enable all macros” (gambar di bawah)

Jika macro sudah diatur seperti gambar di atas, maka aplikasi akan berjalan dengan baik. Namun jika aplikasi tidak dapat berjalan, silahkan tutup aplikasi, dan coba buka kembali

Buka file “Aplikasi Rapor” 2. Jika setting macro berhasil, maka akan muncul dialog box untuk mulai ke aplikasi

Menu-menu dalam Aplikasi Rapor 2017 3.1 Data Utama

Dalam “Beranda” hanya terdapat identitas aplikasi untuk kelas…. dan Identitas lain seperti Wali Kelas, NIP, dll

Menu-menu yang tersaji didalam nya

Merupakan toolbar umum yang dapat dimanfaatkan dalam penggunaan aplikasi rapor, seperti copy, paste, dst

Isi data siswa secara lengkap, no urut siswa akan terisi secara otomatis! Agama siswa, harus diplih dari daftar yang tersedia untuk menghindari syntax error

Muatan Pelajaran pada Muatan Lokal dapat diubah dan disesuaikan dengan keadaan sekolah masingmasing Contoh: Apabila sekolah anda hanya menerapkan 2 Muatan Lokal, maka anda cukup hanya mengisi pada bagian a, b saja pada nomor 9 (Muatan Lokal), bagian c dan d cukup dikosongkan saja

Kolom yang diisi hanya yang berwarna putih, selain itu akan terisi secara otomatis

Komptensi Dasar (KD)

Seluruh Kompetensi Dasar dalam Aplikasi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing-masing. Untuk diketahui KD Aplikasi ini diambil dari regulasi berikut ini: - Permendikbud 57 Tahun 2014 dan Buku Guru (untuk kelas 3,6) - Permendikbud 24 Tahun 2016 dan Buku Guru-revisi 2017 (untuk kelas 1,2,4,5)

Nilai Sikap

1. Sikap Spiritual
Penilaian ini disesuaikan dengan penilaian yang sudah dilakukan baik dalam bentuk penilaian utama dan penilaian penunjang. Penilaian utama diperoleh dari hasil observasi harian yang ditulis di dalam jurnal harian. Penilaian penunjang diperoleh dari penilaian diri dan penilaian antarteman, hasilnya dapat dijadikan sebagai alat konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik. Teknik penilaian yang digunakan adalah observas melalui wawancara, catatan anekdot (anecdotal record), dan catatan kejadian tertentu (incidental record) sebagai unsur penilaian utama. Rekap dari penilaian yang sudah dilakukan dituangkan dalam aplikasi, yang diisi dengan meng’klik salah satu sikap yang diukur pada cells PB (Perlu Bimbingan) atau SB (Sangat Baik)

2. Sikap Sosial
Sama dengan Penilaian sikap Spiritual, perbedaannya terlatak pada jenis sikap yang diukur
Nilai Pengetahuan (KI-3)

Diisi pada tabel nilai sesuai agama siswa dan diisi sesuai nilai siswa per KD Rentang nilai yang dapat diisi hanya 0-100 diluar angka itu akan mendapat peringatan error! Nilai yang diinput lebih kecil dari KKM muatan pelajaran akan ditandai dengan warna merah (untuk ms. Office 2010 atau di atasnya)

Rentang nilai yang dapat diisi hanya 0-100 diluar angka itu akan mendapat peringatan error!

Nilai Keterampilan (KI-4)

Diisi pada tabel nilai sesuai agama siswa dan diisi sesuai nilai siswa per KD dan per bentuk penilaiannya (Praktik, Produk, Proyek, Portofolio) Rentang nilai yang dapat diisi hanya 0-100 diluar angka itu akan mendapat peringatan error! Nilai yang diinput lebih kecil dari KKM Muatan akan ditandai dengan warna merah (untuk ms. Office 2010 atau di atasnya)

Inilah Tampilan Aplikasi Cetak Raport Kurikulum 2013 revisi tahun 2017 SD Kelas 1, 2, 4, dan 5, Petunjuk Penggunaan dan Logo Lengkap

APLIKASI PENGISIAN RAPORT KELAS I,II,IV DAN V KURIKULUM 2013


Format rapor dalam Dokumen Panduan Penilaian Edisi Revisi ini tidak berubah dari edisi sebelumnya: format rapor tetap sama dengan format rapor dalam Dokumen Panduan Penilaian Edisi Desember 2015.

Dokumen Panduan Penilaian Edisi Revisi ini digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan proses penilaian mulai semester genap tahun ajaran 2016/2017.

APLIKASI PENGISIAN RAPORT KELAS I,II,IV DAN V KURIKULUM 2013

Sekedar Info buat rekan rekan semua , untuk yang membutuhkan silahkan download di sini



Demikianlah Artikel APLIKASI PENGISIAN RAPORT KELAS I,II,IV DAN V KURIKULUM 2013

Sekian artikel yang dapat Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kebutuhan Administrasi APLIKASI PENGISIAN RAPORT KELAS I,II,IV DAN V KURIKULUM 2013 kali ini, mudah-mudahan dengan adanya file diatas bisa memberi manfaat untuk anda semua , terima kasih atas kunjungannya baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel APLIKASI PENGISIAN RAPORT KELAS I,II,IV DAN V KURIKULUM 2013 dengan alamat link https://www.atirta13.com/2014/11/aplikasi-pengisian-raport-kelas-iiiiv.html
Advertisement

Baca juga:

Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

No SPAM, Please...! You waste your time if write comments with link. Dead or Alive.