Program Supervisi Kepala Sekolah SD 2017

Supervisi merupakan sebuah kegiatan dalam dunia kerja yang diilakukan oleh orang yang mempunyai jabatan tinggi untuk mengawasi orang lain dengan jabatan yang lebih rendah. Dalam dunia pendidikan supervisi merupakan sebuah program yang digunakan untuk meningkatkan profesionalitas guru.

Dalam hal ini yang mempunyai jabatan tertinggi dalam dunia pendidikan (sekolah) yang bertugas untuk menilai guru adalah kepala sekolah.

Untuk itu kepala sekolah membutuhkan program supervisi kepala sekolah terbaru agar terjadi perbaikan yang tampak jelas dalam kehidupan akademis di Sekolah.

Dalam artikel ini, Program Supervisi Terbaru yang dimaksud adalah untuk jenjang SD. Secara garis besarnya program supervisi berisi tentang :

  1. Pengembangan indikator dan materi pembelajaran
  2. Memperbaiki metode pembelajaran yang belum variatif
  3. Untuk mengkondisikan guru menggunakan model-model pembelajaran aktif
  4. serta berbagai perbaikan dan peningkatan lainnya.

Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah Format Words.Docx 


Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah harus menguasai Standar Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri atas :

  • kompetensi kepribadian, 
  • kompetensi manajerial, 
  • kompetensi supervisi, 
  • kompetensi kewirausahaan dan 
  • kompetensi sosial.


Penjabaran kompetensi supervisi pada intinya adalah supervisi akademis dimana langkah-langkah yang dilakukan adalah merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalismenya.
[Preview File]

Mencermati hasil analisis Program Supervisi Tahunan  pada SD ( Sekolah Dasar ) secara umum ditemukan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus peningkatan profesionalisme guru, seperti :
  • Pengembangan indikator dan materi pembelajaran, 
  • Penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif, 
  • lemahnya penguasaan guru dalam model-model pembelajaran aktif , 
  • dan sebagainya.
Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah Format Words.Docx

Karena itu dalam rangka melaksanakan tugas Kepala Sekolah sebagai Supevisor/Penyedia maka perlu disusun program supervisi yang secara menyeluruh dan sistematis menjabarkan rencana kegiatan yang akan dilakukan serta apa tindak lanjut dari hasil supervisi setelah kegiatan dilakukan agar terjadi perbaikan yang signifikan dalam kegiatan akademis di SD Negeri...!!!!

Sekian uraian singkat tentang Program Supervisi Kepala Sekolah SD 2017 yang dapat admin sampaikan semoga dengan adanya Contoh Supervisi Kepala Sekolah diatas dapat bermanfaat dan dapat dipergunakan sebagaimestinya untuk melengkapi semua kelengkapan administrasi kepala sekolah.


Previous
« Prev Post

Related Posts

Program Supervisi Kepala Sekolah SD 2017
4/ 5
Oleh

No SPAM, Please...! You waste your time if write comments with link. Dead or Alive.