Contoh Proposal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Contoh Proposal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Tujuan Pendidikan Nasional adalah “Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas, cerdas, terampil, dan bertaqwa kepada Allah SWT”. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar, dinyatakan bahwa salah satu bentuk satuan pendidikan dasar adalah Sekolah Dasar yang memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam system pendidikan nasional.

Keberhasilan pendidikan di sekolah dasar akan sangat mempengaruhi atas proses pembelajaran selanjutnya, dengan demikian mutu pendidikan telah menjadi kebijakan pemerintah yang harus diwujudkan dengan sebaik-baiknya sehingga tujuan pembangunan nasional untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dapat tercapai.

Dalam rangka Penerimaan  Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2016-2017 yang dilaksanakan mulai Juni 2016, untuk itu kami sebagai admin Sekolah Kita ingin membantu panitia PPDB tahun 2016-2017 dengan membagikan contoh Proposal PPDB dengan Format File Words.Doc sehingga dapat di gunakan untuk mengajukan permohonan dana untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Adapun rinciannya kami lampirkan:

1.      Rencana kegiatan
2.      Susunan Panitia PPDB
3.      Rencana Anggaran Biaya
4.      Contoh Formulir dan Brosur Pendaftaran


Proposal Program penerimaan Siswa baru ( PPPSB) ini terdiri dari beberapa Point penting diantaranya sebagai berikut :


  • Azas dan Tujuan
  • Persyaratan Pendaftaran
  • Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik
  • Tata Cara Pendafataran
  • Estimaasi Biaya ( Anggaran yang Di gunakan )
[Preview File]


Penerimaan Siswa Baru (PSB) sebagai kegiatan awal sekolah dalam rangkaian proses kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan penting yang harus direncanakan dan dilaksanakan dengan baik guna tercapainya proses belajar mengajar yang baik dan kondusif.

A. Dasar

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 125/U/2002 tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Efektif Sekolah.
3. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 051/U/2002 tentang Penerimaan Siswa pada Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar.
4. Surat Edaran Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 3546/C/OT/2005 tentang Penerimaan Siswa Baru Tahun Pelajaran 2005/2006.
5. Panduan PKPS BBM Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2007.
6. Pedoman Operasional Program Percepatan Penuntasan Wajar Dikdas 9 Tahun 2006 di Jawa Barat.
7. Surat Keputusan Bupati .............. Nomor 422.1/2435/Disdik tanggal 20 Juni 2006 tentang Pedoman Penerimaan Siswa/Peserta Didik Baru TK/SD, SMP/MTs/SMP Terbuka, SMA/MA, SMK dan PLS di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten .............. Tahun Pelajaran 2007/2008.
8. Surat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten .............. Nomor 421.2/2011/Dikdas tanggal 12 April 2006 tentang Antisipasi menjelang akhir tahun pelajaran di SD/MI
9. RAKS SD Negeri ……………………….. 20…………./20………….
10. Rapat   Panitia   Penerimaan   Siswa   Baru   (PSB)   SD  Negeri …....... tanggal ………….

B. Tujuan Umum dan Tujuan Khusus
1. Tujuan Umum
a. Menerima anak usia sekolah 6 tahun sampai dengan 16 tahun.
b. Memberikan pelayanan dan pemerataan mendapatkan pendidikan.
c. Mencerdaskan kehidupan masyarakat dan lingkungan.
d. Meningkatkan Indeks Prestasi Masyarakat (IPM) melalui pendidikan dasar.
e. Percepatan dan penuntasan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun.

2. Tujuan Khusus
a. Menerima anak usia sekolah 6 tahun sampai dengan 16 tahun pada tingkat kelasnya di lingkungan Desa Pangulah Selatan dan sekitarnya.
b. Menempatkan para siswa baru sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah dalam Penerimaan Siswa baru.
c. Meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia khususnya dilingkungan sekolah dan sekitarnya.
d. Meningkatkan strategi belajar mengajar, pembinaan, dan pelayanan professional.
e. Percepatan Penuntasan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun di Desa ...................... khususnya dan Kecamatan .............. Kabupaten .............. pada umumnya.

Point-point di atas merupakan sebagian kata-kata dari Contoh Proposal Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) yang masih dapat di edit dan di kembangkan kembali sesuai dengan sekolah masing-masing. Dalam usaha peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) salah satu usaha yang dilakukan adalah  dengan  penyusunan proposal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang merumuskan semua rencana kegiatan yang akan dilaksanakan secara terencana dan terarah. 

Berikut Contoh Proposal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang bisa digunakan dan sebagai referensi bagi panitia yang akan menyusunnya. Silahkan download filenya di bawah ini :

Contoh Proposal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) [Download] 



DMCA.com Protection Status
Previous
« Prev Post

Related Posts

Contoh Proposal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
4/ 5
Oleh