Beban Kerja Guru Antara Tuntutan dan Profesionalitas.pdf

Beban Kerja Guru Antara Tuntutan dan Profesionalitas.pdf

Salah satu bentuk aktualisasi tugas guru sebagai tenaga profesional adalah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 

Undang-undang dan peraturan pemerintah ini diharapkan dapat memfasilitasi guru untuk selalu mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan. Pelaksanaan program pengembangan keprofesian berkelanjutan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi paedagogik, profesional, sosial dan Kepribadian untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masa depan yang berkaitan dengan profesinya sebagai guru.

Reaksi keras mengenai beban kerja guru disebaban karena keputusan pemerintah terkait dengan penetapan beban kerja guru, karena hanya menilai jumlah jam tatap muka di kelas sebagai patokan untuk pemberian tunjangan sertifikasi. Sementara, pada dasarnya fungsi guru tidak hanya mengajar dalam kelas, tapi juga memberi pendampingan dan pembinaan terhadap siswa di luar kelas. 

RPP dan Silabus lengkap Kurikulum 2013 jenjang SD/MI Semester 1 dan 2


Jika ini tidak di tanggapi, guru akan kesulitan memenuhi beban kerja tersebut. Dengan kondisi demikian, terjadi kecenderungan guru hanya akan mengejar beban kerja tatap muka, dan kesulitan melakukan pendampingan terhadap siswa. Persaingan antar guru untuk berebut jam kerja juga bisa terjadi. 



Previous
« Prev Post

Related Posts

Beban Kerja Guru Antara Tuntutan dan Profesionalitas.pdf
4/ 5
Oleh

No SPAM, Please...! You waste your time if write comments with link. Dead or Alive.