Pertanyaan dan Jawaban Tentang Seputar Dapodikdas Versi 4.00

Mungkin saat ini ada beberapa rekan operator sekolah yang masih mengalami kesulitan untuk instal dapodikdas versi 4.0.0 terbaru , dibawah ini ada beberapa pertanyaan dan jawaban yang di berikan kemdikdud tentang seputar dapodikdas versi 4.0.0 , semoga dengan adanya panduan dan pedoamn di bawah dapat bermanfaat buat rekan - rekan Operatos semuanya.....
  
Aplikasi Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) 



Apa itu Aplikasi Dapodikdas   
Sistem Aplikasi Dapodikdas adalah aplikasi penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Entitas data pokok tersebut meliputi sekolah termasuk sarana dan prasarana, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Peserta Didik dan Proses Pembelajaran di dalam rombongan belajar (Rombel). 

Mengapa sekolah harus menggunakan Aplikasi Dapodikdas .. 
Berdasarkan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 serta Surat Edaran Menteri mengenai aplikasi pendataan di lingkungan Kemendikbud, dinyatakan bahwa Aplikasi Dapodikdas merupakan aplikasi resmi yang digunakan untuk menjaring data pokok pendidikan dasar. Data dari Aplikasi Dapodikdas akan digunakan sebagai acuan data dalam program-program Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar seperti: pemberian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), tunjangan guru, Ujian Nasional, dan programprogram lainnya. Oleh karena itu sekolah harus berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendataan Dapodikdas.

Apa akibatnya jika sekolah menolak menggunakan Aplikasi Dapodikdas? 
Data Aplikasi Dapodikdas digunakan sebagai acuan data dalam programprogram Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar. Apabila sekolah tidak berpartisipasi aktif, maka sekolah akan rugi karena data milik mereka tidak akan sampai ke Kemendikbud. Sekolah tersebut otomatis tidak akan tersentuh program-program Kemendikbud.

Bagaimana tahapan update aplikasi dari versi 4.0.0
Uninstal aplikasi dapodik versi 3.0.3  Unduh aplikasi versi terbaru (4.0.0) di laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/  Instal aplikasi 4.0.0  Generate prefill lalu unduh  buka aplikasi yang ada di desktop  Registrasi dengan prefill yang baru  setelah login, cek di beranda aplikasi, pastikan versinya 4.0.0

Apakah Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dapat menggunakan Aplikasi Dapodikdas? 
MI dan MTs berada di bawah naungan Kementerian Agama sehingga tidak dapat menggunakan Aplikasi Dapodikdas.

Apakah username dan password harus diganti dengan yang baru..
Tidak perlu, tetap menggunakan username dan password yang lama saja, tapi jika menemukan masalah yang mengharuskan, maka bisa mengganti username dan password

Apakah kode registrasi berubah di versi 4.0.0? 
Tidak. Secara default, kode registrasi sekolah tidak mengalami perubahan. Namun jika ingin mengubah kode registrasi karena sesuatu hal (keamanan data), sekolah dapat melakukannya melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Meski demikian, diharapkan hati-hati dalam me-reset kode registrasi karena aplikasi kode registrasi lama akan ditolak oleh sistem pada saat sinkronisasi. 

Apa yang dimaksud dengan kode registrasi? 
Sebuah kode unik dan rahasia yang dibuat oleh sistem sebagai kunci aktivasi Aplikasi Dapodikdas. Kode ini bersifat unik, artinya masing-masing sekolah memiliki kode registrasi yang berbeda-beda. 

Apa fungsi kode registrasi? 
Untuk melakukan aktivasi ketika sekolah akan memulai entri data sekolahnya. Kode ini juga dapat digunakan untuk mengunduh data prefill dan melihat data individu sekolah di progres pengiriman laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. Selain itu juga untuk membaca data prefill sekolah masing-masing.

Di mana sekolah saya bisa mendapatkan kode registrasi? 
Cara mendapatkannya adalah dengan menghubungi Kelompok Kerja Pendataan Pendidikan (KK Datadik) di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.  

Pertanyaan dan Jawaban Tentang Seputar  Dapodikdas Versi 4.00

Untuk lebih jelasnya tentang pertanyaan - pertanyaan seputar dapodikdas versi 4.0.0 silahkan download di bawah ini 



DMCA.com Protection Status
Previous
« Prev Post

Related Posts

Pertanyaan dan Jawaban Tentang Seputar Dapodikdas Versi 4.00
4/ 5
Oleh

No SPAM, Please...! You waste your time if write comments with link. Dead or Alive.