PUNGLI ( PUNGUTAN LIAR )

PUNGLI ( Pungutan Liar )


Bukan hanya marak di jalanana saja tapi di birokrasi Pendidikan pun Mengenal dengan Namanya Pungli ,Seperti Contoh dalam hal Tunjangan sertifikasi Guru ,dan tunjangan Lainnya.

Rupanya masih ada Pungli ( Pungutan liar ) Terahadap Tunjangan Sertifikasi Guru . Guru ada yang di minta Uang agar Tunjangan Sertifikasinya cair oleh Oknum dari Dinas Pendidikan Provinsi , kabupaten/kota .

Pengamat Pendidikan Doni Koesoema mengatakan , memang oknum pelaku Pungli ( Pungutan liar )harus di tindak Lanjuti dengan tegas oleh aparat Hukum.
" yang Jadi masalahnya Guru Takut dan terpaksa membayar Uang Pungli sebab Kalau tidak membayar uang Pungli Pemberkasaan untuk mendapat Tunjangan sertifikasi Guru tidak diproses atau senagja di tunda ".

PUNGLI ( PUNGUTAN LIAR )
PUNGLI ( PUNGUTAN LIAR )
Makanya ,Ujar Doni , Pemimpin daerah harus punya komitmen dalam memberantas pungli Tunjangan sertifikasi Guru " Pemda harus membuka saluran Hotline ( saluran Pengaduan ) untuk menerima laporan Publik mengenai Hal Pungli yang Terjadi di Dinas Pedidikan Kabupaten / Kota .

Sedangkan Kemdikbud ( Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan ) Dalam masalah pungli Tunjangan Sertifikasi Guru ini tidak Bisa ikut Campur tangan , Sebab masalah Pungli Tunjangan sertifikasi Guru menjadi masalah Otonomi Daerah , Jadi tergantung Pemimpin Daerah Masing - masing . jadi Pihak yang berwenang menindak lanjuti Oknum Pungli Ini adalah Kepala Daerah dan Kepala Dinas Pendidikan , Namun kalau keduanya Sama - sama Korup maka Akan sama saja , Rusak semuanya .

Guru Memang Serba Salah , kalau melapor Tunjangan Sertifikasi Di Persulit cairnya bahkan tidak bisa Di cairkan dengan dalih masih ada data yang belum Selesai atau alasan - alasan lainnya padahal ujung-ujungnya hanya uang yang bisa menyelesaikan masalahnya ,
Seperti Pepatah Menyatakan " DENGAN UANG SEGALA URUSAN JADI LANCAR " 

Jadi ibaratnya tidak ada tempat yang tepat untuk guru melapor , makanya harapan para Guru  saat ini tergantung pada Pemerintahan Jokowi Mudah - Mudahan mampu dan Berani Mendobrak Praktek Pungli ( Pungutan Liar ) Ini.

Thank you for visiting, good luck for yoau all...



DMCA.com Protection Status
Previous
« Prev Post

Related Posts

PUNGLI ( PUNGUTAN LIAR )
4/ 5
Oleh

No SPAM, Please...! You waste your time if write comments with link. Dead or Alive.