PENULISAN KARYA ILMIAH BAHASA INDONESIA

Pengertian karya ilmiah lebih banyak ditekankan dan difokuskan pada karya ilmiah tertulis dalam bentuk karangan atau Tulisan ilmiah.

Berbeda dengan karya sastra atau seni , karya ilmiah mempunyai bentuk serta sifat yang formal karena isinya harus mengikuti persyaratan - persyaratan tertentu sesuai kaidah-kaidah ilmiah . Tujuan penulisan karya ilmiah adalah " menyampaikan seperangkat keterangan ,informasi,dan pikiran secara tegas , ringkas dan jelas ( ABC = Accurate,Brief,Clear ) "

A. Karya Tulis Ilmiah
Secara umum , suatu karya ilmiah dapat diartikan sebagai suatu hasil karya di pandang memiliki kadar ilmiah tertentu serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara ilmiah.Karya ilmiah dapat dikomunikasikan secara tertulis dalam bentuk karangan atau tulisan ilmiah, dapat pula disampaikan secara lisan dalam bentuk pidato atau orasi ilmiah, dan dapat melalui suatu bentuk demontrasi.

B. Jenis Karya Ilmiah
Berdasarkan tingkat akademiknya, karangan ilmiah dapat dibedakan atas :

laporan " Laporan adalah karangan yang dibuat setelah seseorang melakukan eksperimen, peninjauan atau survei, Observasi, Pembacaan dan Penelaahan buku, Penelitian dan lain-lain "
Makalah " jenis Karya tulis yang memerlukan studi baik secara langsung atau secara tidak langsung "
  • Usulan Penelitian 
  • Skripsi 
  • Tesis 
  • Disertasi 

PENULISAN KARYA ILMIAH BAHASA INDONESIA


PENULISAN KARYA ILMIAH BAHASA INDONESIA 


Previous
« Prev Post

Related Posts

PENULISAN KARYA ILMIAH BAHASA INDONESIA
4/ 5
Oleh

No SPAM, Please...! You waste your time if write comments with link. Dead or Alive.