PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PRAMUKA

Saat ini pemerintah mewajibkan pendidikan karakter untuk dilaksanakan di semua jenjang pendidikan , Mengingat pentingnya pendidikan karakter bagi peserta didik dalam membentuk sikap moral dan prilaku,maka pendidikan karakter harus di integrasikan dalam setiap pembelajaran, Guru, Peserta didik, Orang Tua dan Masyarakat seharusnya tidak merasa asing lagi dengan istilah pendidikan karakter, Karena merekalah mata rantai pelaku dan penentu keberhasilan pendidikan karakter.


PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PRAMUKA
Pengertian Karakter

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia , istilah karakter berarti sifat -sifat kejiwaan ,ahlak dan budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain , tabiat ,watak,karakter manusia berbeeda -beda ,ada yang berkarakter lemah dan kaut . Seseorang dikatakan berkarakter lemah apabila bersikap pasrah pada kondisi - kondisi yang sudah ada, Sepuluh karakter lemah yang melekat pada bangsa Indonesia menurut Koentjaraningrat dan Mohtar Lubis Yaitu :

  1. Meremehkan akan Mutu 
  2. Suka Merebas 
  3. Tidak Percaya Diri 
  4. Tidak Disiplin 
  5. Mengabaikan Tanggung Jawab 
  6. Lemah Kreativitas 
  7. Etos Kerja Buruk 
  8. Suka Feodalisme dan 
  9. Tidak Punya Malu 
  10. Hipokrit 

Untuk membangun Karakter yang kuat pada diri peserta didik , dan menghilangkan cap karakter lemah yang terlanjur melekat pada bangsa Indonesia , Maka diadakan Pendidikan Karakter

Pendidikan Karakter dan Karakter yang Baik

Pendidikan Karakter adalah upaya yang dilakukan dengan sengaja untuk mengembangkan karakter yang baik ( Good Character ). Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk peserta didik yang memiliki karakter tangguh dan baik , dengan Ciri :
  • Knowing The Good ( Tahu hal yang baik ) 
  • Desiring The Good ( Menginginkan Hal yang baik ) 
  • Doing The Good ( Melakukan Hal yang Baik ) 

Karaketr yang baik yang harus diketahui ,diinginkan ,dan dilakukan peserta didik meliputi :

  • Kebijaksanaan ( Wisdon ) 
  • Keadilan ( Justice ) 
  • Ketabahan ( Fortitude ) 
  • Pengendalian Diri ( Self Control ) 
  • Kasih ( Love ) 
  • Sikap Positif ( Positive Attitude ) 
  • Kerja Keras ( Hard Work ) 
  • Integritas ( Integrity ) 
  • Penuh Syukur ( Gratitude ) 
  • Kerendahan Hati ( Humility ) 

Pendiikan Karakter Melalui Pramuka

Pendidikan karakter dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan , Salah satunya adalah mealui kegiatan Pramuka . Menurut Menteri Pendidikan , Parmuka dijadikan Exstrakurikuler wajib Pada SD, SMP, SMA dapat berkiprah lebih maksimal dalam kegiatan Pramuka dibawah naungan organisasi Gerakan Pramuka.

Dalam setiap kegiatan , anggota pramuka selalu berpegang teguh pada kode kehormatan " TRY SATYA " dan ketentuan moral " DASA DHARMA " , Kode kehormatan anggota pramuka yang kita kenal sebagai " Tryi Satya " adalah suatu norma dalam kehidupan yang merupakan ukuran, norma atau standar tingkah laku kehidupan sehari-hari, yang berlaku bagi anggota pramuka golongan siaga ,penggalang,penegak,pandega serta pembina.

Ketentuan Pramuka kita kenal " Dasa Darma " merupakan tuntunan atau pedoman dalam kehidupan setiap anggota sebagai moral yang harus dimiliki dan diamalkan .

Thank you for visiting, ..


Previous
« Prev Post

Related Posts

PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PRAMUKA
4/ 5
Oleh

No SPAM, Please...! You waste your time if write comments with link. Dead or Alive.